logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan yang Ampuh, Apa Saja?

open-summary

Kapalan di tangan sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai cara menghilangkan kapalan di tangan yang ampuh dan mudah dilakukan di rumah.


close-summary

0

13 Mei 2022

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara menghilangkan kapalan di tangan

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kapalan di tangan sering kali menjadi keluhan banyak orang karena mengganggu penampilan

Table of Content

  • Cara menghilangkan kapalan di tangan yang ampuh
  • Cara mencegah kapalan pada tangan muncul lagi

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kapalan di tangan sering kali menjadi keluhan banyak orang karena dapat mengganggu penampilan. Meski tidak berbahaya, Anda sebaiknya tidak menyepelekan kondisi ini. Simak cara menghilangkan kapalan di tangan selengkapnya di sini. 

Advertisement

Cara menghilangkan kapalan di tangan yang ampuh

Kapalan di tangan dapat disebabkan oleh adanya gesekan dan tekanan secara berulang. Sebagai contoh, sering berolahraga, menggunakan alat perkakas atau alat musik secara berulang, bahkan menulis dapat menimbulkan tekanan atau gesekan berlebih. Akibatnya, lapisan kulit tangan bisa mengalami penebalan. 

Biasanya kondisi tersebut bisa muncul pada area telapak tangan dan jari tangan. Untungnya, ada berbagai cara menghilangkan kapalan di tangan yang ampuh dilakukan, yakni:

1. Rendam tangan dalam air hangat

Salah satu cara menghilangkan kapalan di tangan adalah dengan merendam tangan dalam air hangat. Merendam tangan dalam air hangat dapat membantu melunakkan penumpukan kulit yang menebal, sehingga lebih mudah digosok atau dibersihkan.

Anda cukup menyiapkan air hangat dalam sebuah baskom, rendam tangan kira-kira selama 10-20 menit. 

Anda juga bisa menambahkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam baskom berisi air hangat tersebut. Garam epsom berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat membantu melunakkan kulit kapalan. 

Jika sudah, keringkan tangan menggunakan handuk bersih. Lakukan langkah ini secara rutin agar kapalan di tangan dapat hilang.

2. Gunakan batu apung

Setelah merendam tangan yang kapalan ke dalam air hangat, Anda bisa menggosok area kulit yang bermasalah menggunakan batu apung. Tujuannya, agar tumpukan sel-sel kulit menebal dan mengeras dapat terlepas. 

Lakukan langkah ini secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam. Jangan terlalu keras menggosok area kulit yang kapalan agar tidak infeksi ataupun berdarah.

Sesudah digosokkan, bilas tangan Anda dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. 

3. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu Anda mengatasi kapalan di tangan dengan cara membuang tumpukan sel kulit mati. Caranya, dengan menggunakan krim atau losion yang mengandung senyawa eksfoliator. 

Nah, American Academy of Dermatology menyarankan agar Anda mencari krim atau losion yang mengandung asam salisilat, urea, atau amonium laktat. 

Kandungan ini dipercaya dapat membantu melembutkan kulit kapalan secara bertahap sekaligus melembapkan kulit. 

Nantinya, lapisan kulit yang mengalami kapalan akan berubah warna menjadi putih dan bisa disingkirkan dengan mudah. Anda juga bisa mencari produk krim pelembap yang mengandung salah satu dari ketiga zat yang direkomendasikan.

Agar hasilnya terasa maksimal, pastikan Anda mengoleskannya secara rutin sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan produk.

4. Pakai pasta baking soda

Anda dapat menggunakan bahan alami yang ada di rumah sebagai cara menghilangkan kapalan di jari tangan. Salah satunya adalah baking soda.

Cara kerja baking soda diyakini mirip dengan krim eksfoliator yang berfungsi mengelupas tumpukan sel-sel kulit mati menebal dan mengeras. 

Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan air dengan soda kue secukupnya dalam sebuah wadah kecil. 

Aduk merata sampai teksturnya membentuk pasta. Kemudian, tambahkan beberapa tetes air perasan lemon atau jeruk nipis.

Oleskan pada area kulit yang mengalami kapalan. Pastikan Anda sudah membersihkan dan mengeringkannya terlebih dahulu. 

5. Tea tree oil

Tea tree oil mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antiseptik alami. Untuk menghilangkan kapalan di tangan, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam wadah berisi air hangat.

Kemudian, rendam kaki atau tangan kapalan selama beberapa saat. Namun, ingat jangan merendamnya lebih dari 15 menit. Pasalnya, kandungan tea tree oil sangat kuat dan rentan merusak lapisan kulit bila terpapar kulit terlalu lama.

Cara mencegah kapalan pada tangan muncul lagi

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan kapalan di atas, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar masalah kulit ini tidak muncul lagi di kemudian hari. 

Misalnya, dengan rutin menggunting kuku tangan, serta menggunakan sarung tangan saat harus mengoperasikan alat atau benda yang rentan menimbulkan gesekan dan tekanan, seperti alat perkakas. Selain itu, jagalah kebersihan tangan dengan cara mencucinya dan rutin mengoleskan krim pelembap tangan.

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara menghilangkan kapalan di tangan serta tips mencegahnya tetapi tidak membuahkan hasil, bahkan kulit kapalan terasa sakit dan semakin parah maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter spesialis kaki (podiatris). 

Dokter mungkin menyarankan untuk melakukan operasi jika kapalan menimbulkan nyeri parah yang membuat Anda merasa tidak nyaman dan sulit berjalan. 

Operasi mungkin juga direkomendasikan dokter apabila Anda memiliki kelainan bentuk atau struktur di kaki dan jari kaki sehingga menyebabkan pertumbuhan kapalan berulang. Biasanya prosedur ini melibatkan pengangkatan atau perbaikan struktur jaringan tulang. 

Masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan kapalan di telapak tangan? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

kapalan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved