logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Public Figure

Kembali Perankan Doctor Strange, Begini Diet dan Latihan Fisik yang Dijalani Benedict Cumberbatch

open-summary

Benedict Cumberbatch kembali berperan sebagai Doctor Strange dalam film Doctor Stranger in The Multiverse of Madness. Inilah cara diet dan latihan fisik yang dilakukannya untuk memerankan tokoh tersebut.


close-summary

0

13 Mei 2022

| Novaline Yarangga

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

diet benedict cumberbatch sebagai doctor strange

Benedict Cumberbatch sebagai Steven Strange (sumber foto: www.marvel.com)

Table of Content

  • Pola Makan Benedict Cumberbatch
  • Latihan Fisik Benedict Cumberbatch
  • Catatan SehatQ

Benedict Cumberbatch merupakan aktor berkebangsaan Inggris dengan kemampuan akting yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kepiawaiannya dalam berakting bisa dilihat di serial Sherlock hingga sederet film seperti The Imitation Game, Doctor Strange, The Power of Dog, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Sebagai seorang aktor, Benedict tidak ragu untuk mengubah penampilan fisiknya agar lebih sesuai dengan karakter yang diperankan. Transformasi fisik justru menjadi hal yang Benedict sukai dari pekerjaannya sebagai seorang aktor.

Saat kembali memerankan Doctor Strange dalam film terbaru Doctor Strange in The Multiverse of Madness, ia pun melakukan menyesuaikan bentuk fisiknya dengan karakter yang diperankan. Doctor Strange sendiri digambarkan sebagai seorang penyihir kuat yang dulunya berprofesi sebagai seorang ahli bedah saraf terbaik.

Nah, berbeda dari film Doctor Strange pertama, di film kedua Benedict terlihat memiliki tubuh yang sedikit lebih berotot. Seperti apa pola makan dan latihan fisik yang dilakukan Benedict untuk memerankan Doctor Strange? Berikut ulasannya.

Pola Makan Benedict Cumberbatch

no caption
Berakting sebagai Doctor Strange, Benedict Cumberbatch konsumsi makanan plant-based (sumber foto: Instagram @marvelstudios)

Benedict dilaporkan menjalani diet plant-based saat mempersiapkan diri untuk memerankan Doctor Stranger.

Diet plant-based adalah pola makan yang hanya atau lebih banyak mengonsumsi makanan dari tumbuhan. Misalnya saja, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, atau polong-polongan.

Diet plant-based diketahui memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Membantu mengelola berat badan dan mencegah obesitas
  2. Menurunkan risiko terkena stroke, kolesterol tinggi, hipertensi atau tekanan darah tinggi, hingga jenis kanker tertentu
  3. Membantu mencegah dan mengendalikan diabetes

Benedict sendiri lebih banyak mengonsumsi pisang, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan hummus dalam dietnya.

Selain menjalankan diet plant-based, Benedict juga dilaporkan meningkatkan jumlah kalori hariannya. Hal ini dilakukan guna menyesuaikan latihan fisik yang dilakukannya untuk memerankan film Doctor Strange 2.

Latihan Fisik Benedict Cumberbatch

no caption
Benedict Cumberbatch di film Doctor Strange in The Multiverse of Madness (sumber foto: www.marvel.com)

Tubuh bugar Doctor Strange yang terlihat di layar lebar tentu tidak bisa didapatkan dalam sehari. Benedict Cumberbatch harus melakukan latihan fisik selama beberapa bulan untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan ramping, tetapi berotot.

Tidak hanya untuk terlihat menarik di layar lebar, latihan fisik ini juga dilakukannya untuk meningkatkan stamina. Apalagi, film terbaru Doctor Strange menuntut ia banyak bergerak dan melakukan sejumlah adegan berkelahi.

Guna mendapatkan tubuh yang bugar, ini dia latihan fisik atau olahraga yang dilakukan Benedict Cumberbatch:

  • Latihan kekuatan

Latihan kekuatan merupakan jenis latihan fisik yang dijalani Benedict Cumberbatch.

Latihan kekuatan atau strength training merupakan jenis olahraga yang ditujukan untuk membangun massa otot serta meningkatkan ketahanan dan kekuatan. Dalam latihan ini, Anda bisa menggunakan berat tubuh sendiri atau peralatan lain.

Latihan kekuatan bisa memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh, antara lain:

  • Membantu membakar kalori dengan lebih efisien
  • Membuat tubuh lebih kuat
  • Menunjang gerak dan fleksibilitas tubuh
  • Mengurangi lemak di perut dan membuat tubuh lebih ramping
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan mood
  • Membantu mengendalikan gula darah

Sebelum film Doctor Strange in Multiverse of Madness tayang, sebuah foto Benedict sedang berolahraga bocor dan tersebar di internet. Foto tersebut diduga diambil saat Benedict sedang latihan kekuatan, yaitu angkat beban untuk mempersiapkan perannya di film kedua Doctor Strange tersebut.

Sebelumnya, saat mempersiapkan film pertama Doctor Strange di tahun 2016, ia setidaknya melakukan latihan angkat beban sebanyak tiga kali dalam seminggu. 

Rutinitas angkat bebannya antara lain dumbbell chest presses, shoulder front raises, dan dumbbell bicep curls. Selain itu, ia juga melakukan latihan kekuatan lainnya, seperti press-up, pull-up, dan dips.

Di film terbarunya ini, bukan tidak mungkin ia kembali melakukan rutinitas yang sama seperti saat mempersiapkan film pertama Doctor Strange.

  • Yoga

Selain latihan kekuatan, Benedict juga mengaku melakukan olahraga yoga. Selain menenangkan pikiran, tujuannya melakukan yoga adalah untuk meningkatkan kekuatan otot inti dan fleksibilitas tubuhnya.

Membangun kekuatan core muscle atau otot inti tubuh sangat diperlukan untuk memerankan Doctor Strange. Hal ini dikarenakan, Doctor Strange cukup banyak memerankan adegan terbang, melayang, atau terhempas ke sana kemari. Untuk melakukan gerakan ini, Benedict sering diikat atau digantung menggunakan kawat.

Dengan melakukan Yoga untuk melatih otot inti tubuhnya, ia bisa berakting dengan optimal dan mencegah cedera meski sedang terikat atau tergantung menggunakan kawat.

Catatan SehatQ

Dalam memerankan Doctor Strange, Benedict perlu memerhatikan pola makan dan menjalani olahraga atau latihan tertentu. Selain melakukan diet plant-based, ia juga rutin latihan kekuatan dan yoga untuk meningkatkan massa otot dan melatih otot inti tubuh.

Hal ini dilakukannya untuk mendalami karakter yang diperankan. Tak hanya terlihat bugar dan menarik di kamera, sejumlah latihan fisik yang dijalaninya juga membantu pergerakannya selama proses syuting.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar diet atau olahraga, Anda bisa berkonsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play

Advertisement

makanan sehatlatihan fisik

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved