logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

Manfaat Angkat Beban untuk Wanita Tidak Hanya Sehat Fisik tapi Juga Mental

open-summary

Angkat beban untuk wanita memiliki banyak manfaat di antaranya meningkatkan kekuatan, membakar lebih banyak lemak, peningkatan performa atletik, hingga meningkatkan suasana hati. Latihan ini bisa dilakukan di gym maupun di rumah.


close-summary

0

13 Mei 2022

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat angkat beban untuk wanita ada beragam

Ada banyak manfaat angkat beban untuk wanita

Table of Content

  • Manfaat angkat beban untuk wanita
  • Seberapa sering kita wanita perlu latihan beban?
  • Tips untuk wanita yang ingin memulai latihan beban

Selama ini masih banyak wanita yang menghindari untuk latihan angkat beban di gym. Kekhawatiran akan otot yang terlalu kentara adalah salah satu alasan paling umum fenomena ini terjadi. Padahal, ada banyak manfaat gym untuk wanita, terutama yang berkaitan dengan latihan angkat beban.

Advertisement

Manfaat angkat beban untuk wanita

Gambar wanita angkat barbel latihan angkat beban
Manfaat latihan angkat beban di gym bagi wanita ada beragam

Saat latihan di gym, jangan hanya menggunakan treadmill ataupun mesin kardio lainnya. Cobalah manfaatkan alat untuk latihan beban karena rupanya manfaat angkat beban untuk wanita sangatlah beragam.

Anda tidak perlu khawatir badan akan berubah menjadi seperti binaraga, sebab latihan beban memiliki tujuan utama untuk meningkatkan massa otot. Kenaikan massa otot tidak selalu diikuti dengan perubahan bentuk otot yang ekstrem kecuali jika memang Anda sengaja ingin membentuknya agar terlihat besar.

Agar tidak semakin penasaran, simak penjelasan tentang berbagai manfaat angkat beban untuk wanita di bawah ini:

1. Meningkatkan kekuatan

Angkat beban dapat memperkuat otot, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Otot yang kuat juga akan membuat olahraga rutin tidak terasa terlalu melelahkan sekaligus menurunkan risiko terjadinya cedera.

Meningkatkan massa dan kekuatan otot juga dapat meningkatkan fungsi tubuh dan kepuasan hidup.

2. Membakar lebih banyak lemak

Manfaat gym untuk wanita, terutama latihan beban, adalah untuk membantu meningkatkan metabolisme dan massa otot sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak kalori. Ini sangat berguna untuk Anda yang memang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Bahkan, dalam setiap sekitar 0,5 kg otot yang terbentuk, Anda akan membakar 30 hingga 50 kalori lebih banyak per hari.

3. Peningkatan performa atletik

Rutin latihan beban juga akan membuat wanita memiliki kemapuan atletik yang lebih baik. Artinya, stamina Anda akan meningkat, begitu pula dengan daya tahan tubuh. Ini membuat Anda jadi tidak mudah lelah dan memiliki risiko cedera yang lebih kecil.

4. Meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres

Berlatih angkat beban juga akan membuat suasana hari menjadi lebih baik. Pasalnya, olahraga akan mendorong pelepasan hormon endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan suasana hati, mencegah rasa sakit, dan melawan depresi.

5. Mengurangi risiko cedera

Tidak hanya memperkuat otot, latihan beban untuk wanita juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, angkat beban termasuk pada latihan dengan intensitas lebih rendah yang tidak terlalu menekan persendian. Hal ini dapat mengurangi risiko cedera seperti retak dan patah tulang.

6. Menurunkan risiko osteroporosis

Angkat beban terbukti dapat menambah kepadatan tulang belakang sehingga membuatnya lebih kuat dan sehat. Dengan tulang belakang yang sehat dan kuat, maka risiko osteoporosis pun akan berkurang.

Manfaat ini terutama dirasakan oleh wanita yang telah mengalami menopause. Pada masa tersebut, kadar hormon estrogen dapat berkurang drastis. Inilah yang membuat risiko osteporosis meningkat.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes

Latihan beban rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, angkat beban untuk wanita juga akan memperbaiki cara tubuh memproses gula sehingga dapat menurunkan risiko diabetes.

BACA JUGA: Manfaat Olahraga Barbel untuk Kesehatan

Seberapa sering kita wanita perlu latihan beban?

Wanita latihan angkat beban
Wanita angkat barbel di gym

The Physical Activity Guidelines for Americans merekomendasikan hal-hal berikut dalam melakukan latihan ketahanan untuk setiap kelompok otot utama:

  • Lakukan latihan setidaknya 2 hari per minggu. Semakin sering dilakukan, maka kesempatan untuk merasakan manfaatnya akan datang lebih cepat.
  • Istirahat selama 24 hingga 48 jam antara latihan berat kelompok otot tertentu harus dilakukan untuk memulihkan tubuh dan membangun kembali jaringan otot akibat rangsangan mengangkat atau menahan beban.
  • Tambahkan setidaknya 150 menit latihan kardio intensitas ringan hingga sedang atau 75 menit latihan intensitas tinggi. Aktivitas kardiovaskular akan meningkatkan kesehatan jantung dan dapat membantu keseimbangan energi.

Baca Juga

  • Apakah Efektif Minum Whey Protein Tanpa Olahraga?
  • Segudang Manfaat Latihan Aerobik untuk Kesehatan Anda
  • Berbagai Olahraga Tradisional Indonesia dan Permainan yang Seru

Tips untuk wanita yang ingin memulai latihan beban

Sebelum memulai angkat beban untuk wanita maka perhatikan pengalaman dan tingkat kebugaran Anda saat ini. Jika belum pernah melakukan banyak latihan beban sebelumnya, sebaiknya carilah pelatih pribadi atau personal trainer yang dapat membantu membangun keterampilan dasar. Ini bisa membantu mempelajari bentuk postur yang tepat dan membantu mencegah cedera saat melakukan angkat beban.

Setelah membangun keterampilan dasar, Anda dapat memulai latihan angkat beban rutin menggunakan berat badan, alat beban, atau kombinasi. Anda bisa melakukan latihan di gym maupun di rumah dengan menggunakan peralatan dasar seperti dumbel atau kettlebell.

  • Mulailah latihan satu set dengan 6 hingga 8 repetisi dari beberapa variasi latihan berbeda yang menargetkan setiap kelompok otot.
  • Fokus pada gerakan yang menargetkan otot tertentu seperti squat, deadlift, bench press atau push-up row, serta shoulder press.
  • Saat awal memulai, berlatihlah postur mengangkat beban menggunakan tongkat, sapu, atau dumbel yang lebih ringan hingga Anda terbiasa dengan bentuk dan pola gerakan yang benar.
  • Setelah terbiasa, tambahkan lebih banyak set dan repetisi.

Jika masih punya pertanyaan seputar manfaat angkat beban untuk wanita, konsultasikan langsung ke dokter lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips olahragalatihan otot perutfitness

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved