Gigi & Mulut

Bercak Merah pada Bibir Bagian Dalam

30 Sep 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Bercak Merah pada Bibir Bagian Dalam
Bercak merah pada bibir bagian dalam bisa menandakan infeksi
Bercak merah pada bibir bagian dalam dapat muncul di area bibir, langit-langit mulut, atau lidah. Sering kali bercak atau benjolan yang muncul diikuti juga dengan rasa nyeri yang disertai ketidaknyamanan. Hal ini kemudian akan mempersulit penderitanya saat berbicara atau makan.Bercak merah dapat muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mulai dari ukuran yang kecil hingga besar, disertai garis luar yang memerah dengan bagian tengah yang berbeda warna juga tekstur yang lembut hingga keras. Meski beragam, umumnya semua bercak memiliki kesamaan, yakni terdapat warna merah tepat di titik bercak atau area sekitarnya.Bercak merah pada bibir bagian dalam biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, pada beberapa kasus, gejala lain dapat muncul seperti, gatal-gatal, sensasi terbakar di kulit, kulit melepuh, mengelupas hingga batuk pilek dan demam.Pada kondisi seperti itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya guna mendapatkan perawatan yang tepat.            
Penyebab dari kondisi ini bisa bermacam-macam, tetapi umumnya terjadi akibat peradangan. Secara umum, penyebab bercak merah pada bibir bagian dalam dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, seperti infeksi, penyakit autoimun, dan juga penyebab lainnya.

Infeksi

Karena mulut adalah tempat pertama di mana zat asing memasuki tubuh, maka area mulut dapat terkena infeksi dari berbagai sumber. Salah satu gejala yang ditimbulkan dari infeksi tersebut adalah bercak merah pada area bibir dan mulut. Berikut penjelasannya.
  • Infeksi bakteri. Salah satu bakteri yang dapat menginfeksi mulut, terutama di bagian dalam ialah streptococci. Kumpulan bakteri ini dapat menyebabkan batuk-batuk, radang tenggorokan dan demam yang disertai dengan kemunculan bercak-bercak merah kecil di langit-langit mulut.
  • Infeksi virus. Bercak merah pada mulut bagian dalam sering kali menjadi tanda dan gejala dari berbagai infeksi virus, antara lain: yang menginfeksi juga bermacam-macam, misalnya:
    • Herpes simplex tipe 1. Virus herpes simplex tipe 1 (HSV-1) merupakan tipe herpes oral (menyerang mulut). Gejala utama yang muncul dari kondisi ini adalah luka di area mulut, termasuk munculnya bercak merah pada mulut bagian dalam. Bercak merah yang disebabkan virus ini biasanya memiliki ukuran yang besar disertai lepuhan dan rasa nyeri.
    • Campak, adalah penyakit menular yang mempunyai ciri khas munculnya ruam merah datar di seluruh tubuh penderitanya, termasuk di mulut bagian dalam. Bercak yang disebabkan virus campak, Paramyxovirus biasanya tak menimbulkan rasa nyeri namun bersifat sangat menular.
    • Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD) merupakan infeksi virus yang paling sering disebabkan oleh virus coxsackie. Penyakit ini umum terjadi pada anak-anak di bawah 5 tahun. Karakter gejala yang umum ditunjukkan adalah terdapat luka atau lepuhan di mulut dan ruam pada kaki dan tangan.
  • Infeksi jamur. Ada jenis jamur tertentu yang menyukai area hangat pada tubuh seperti mulut. Bercak merah pada mulut yang disebabkan infeksi dari jamur bisa bermacam bentuknya dari warna merah sampai putih. Kandidiasis atau oral thrush adalah infeksi jamur candida yang salah satu gejalanya berupa munculnya ruam merah di mulut.

Penyakit autoimun

Peradangan merupakan gejala yang banyak disebabkan oleh penyakit autoimun. Peradangan akibat penyakit autoimun dapat muncul di bagian tubuh manapun, termasuk mulut dan area di dalamnya. Beberapa penyakit autoimun tersebut di antaranya adalah:
  • Lupus dapat menyebabkan radang pada berbagai bagian tubuh seperti mulut, sendi, jantung, paru-paru, pembuluh darah, ginjal, bahkan otak
  • Lichen planus adalah kondisi medis yang ditandai dengan adanya pembengkakan dan iritasi dengan ruam yang terasa panas pada kulit, rambut, kuku, dan membran mukosa seperti mulut.

Penyebab lainnya

Penyebab lain yang dapat menimbulkan bercak merah pada mulut di antaranya adalah:
  • Sariawan, sering muncul dalam bentuk luka terbuka berukuran kecil di dalam mulut yang terlihat seperti bercak merah. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman ketika makan ataupun berbicara.
  • Luka (ulcer) pada mulut yang terlihat sebagai ruam atau bercak merah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh dehidrasi, kebersihan mulut & gigi yang kurang terjaga, konsumsi alkohol atau kebiasaan merokok. Ruam merah yang muncul karena kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-4 minggu. Tapi pada beberapa kasus, luka pada area mulut tersebut dapat mengalami perdarahan atau terkena infeksi.
  • Eritroplakia adalah bercak atau bintik merah yang biasa muncul dalam rongga mulut. Karakter bercak pada eritoplakia meliputi bercak halus seperti beludru yang terasa lembut saat disentuh, bercak yang dikelilingi oleh batas yang jelas, disertai sensasi terbakar yang menyakitkan, muncul rasa logam di mulut. Penyebab munculnya bercak merah ini belum diketahui dengan pasti, namun kondisi ini lebih sering terjadi pada pecandu alkohol dan perokok berat. Kemunculan bercak eritroplakia dalam rongga mulut juga sering dicurigai sebagai ciri-ciri kanker mulut.
  • Faktor lingkungan dan gaya hidup tertentu
    • Pola makan, khususnya makanan tertentu yang menyebabkan reaksi alergi pada area mulut. Makanan yang sering menyebabkan hal ini antara lain adalah jeruk, telur, stroberi, coklat, serta makanan lain yang pedas atau asam. Selain karena alergi, pola makan yang kurang kandungan vitamin B12, asam folat, atau zat besi dapat pula menyebabkan bercak merah pada area mulut.
    • Konsumsi obat-obatan serta alkohol. Kedua benda ini dapat menyebabkan iritasi pada mulut serta strukturnya, bahkan beberapa jenis kanker dapat dipicu akibat konsumsi obat dan alkohol.
    • Stres. Kelelahan fisik ataupun mental dapat menjadi pemicu munculnya bercak-bercak merah pada mulut.
    • Luka fisik. Aktivitas atau benda yang berhubungan dengan mulut juga dapat menyebabkan bercak-bercak merah pada mulut. Contohnya karena gigi palsu yang sudah tak cocok, gigi patah yang menggores mulut, atau reaksi alergi dari pasta gigi serta pembersih mulut.
  • Pengobatan kanker. Bercak-bercak merah pada area mulut merupakan efek samping yang sering muncul dari pengobatan kanker seperti kemoterapi atau terapi radiasi. Dalam pengobatan kanker, sel-sel jahat kanker akan dihancurkan, sering kali, sel-sel yang sehat pun ikut menjadi target, salah satunya sel yang terdapat pada jaringan pelapis mulut bagian dalam. Akibatnya bercak-bercak merah dan rasa terbakar di dalam mulut dapat muncul.
Konsultasikan pada dokter jika muncul bercak merah pada area mulut yang disertai dengan gejala lainnya. Terlebih apabila Anda juga tidak merasa yakin apa penyebabnya dan memiliki faktor risiko terkait kondisi tersebut. Misalnya, Anda mengonsumsi alkohol, merokok, atau tidak cukup mengonsumsi vitamin.Diagnosis yang tepat dari dokter akan memastikan apa penyebab dari gejala yang Anda alami serta membantu Anda untuk memulai perawatan sesegera mungkin.
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324876
diakses pada 12 Juni 2021
Buoy Health. https://www.buoyhealth.com/learn/red-spots-in-the-mouth
diakses pada 12 Juni 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29480616/
diakses pada 12 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email