Kandungan

Darah Haid Menggumpal

07 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Darah Haid Menggumpal
Darah haid menggumpal jika terjadi sesekali selama menstruasi mungkin hal tersebut adalah normal. Untuk mengetahui kenapa bisa menggumpal, maka ketahuilah proses menstruasi yang Anda alami.Periode mens sendiri dimulai dari adanya hormone yang memicu tubuh untuk melepas lapisan rahim. Meluruhnya lapisan tersebut membuat pembuluh darah kecil mengalami pendarahan. Agar pendarahan tidak berlebihan, maka tubuh membentuk gumpalan darah dengan kombinasi plasma dan trombosit.Gumpalan darah ini kemudian dimasukkan ke dalam darah menstruasi beserta potongan kecil dari luruhan lapisan rahim. Bisa disimpulkan bahwa gumpalan darah mens tersebut bisa jadi merupakan gumpalan sel-sel endometrium (lapiran rahim). Bisa juga merupakan campuran dari sel endometrium dan bekuan darah.Pada banyak kasus, periode menstruasi mungkin akan diawali dan diakhiri dengan keluarnya gumpalan darah. Ketika darah ada banyak di rahim, darah mens mungkin akan mengalir lebih deras dengan gumpalan darah lebih besar. Dalam kondisi ini, kaum perempuan mungkin akan merasakan sakit termasuk kram. 
Penyebab darah haid menggumpal bisa terkait dengan faktor fisik dan hormonal. Keduanya berperan dalam memengaruhi siklus menstruasi termasuk menciptakan aliran darah yang deras di mana peluang gumpalan darah keluar makin besar.Beberapa kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan darah haid menggumpal. Kondisi-kondisi tersebut antara lain:
 
Pada umumnya darah haid menggumpal bukan merupakan tanda ada masalah medis serius. Namun, jika beberapa gejala juga dirasakan maka sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.Adapun gejala ikutan yang harus diwaspadai antara lain:
  • Gumpalan darah berukuran lebih besar dari setengah sentimeter
  • Darah haid yang menggumpal sering terjadi
  • Kemunculannya diikuti aliran darah deras yang tidak normal hingga harus ganti pembalut tiap 1 atau 2 jam
  • Diikuti dengan munculnya rasa nyeri yang parah
 
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/menstrual-clots
Diakses pada 7 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322707
Diakses pada 7 Juli 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/why-are-there-blood-clots-in-my-period-2721935
Diakses pada 7 Juli 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email