Penyakit Lainnya

Kaki Berdarah

14 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kaki Berdarah
Kaki berdarah bisa terjadi karena beragam alasan mengingat bagian ini sangat vital bagi pergerakan manusia. Kaki sendiri terdiri dari banyak bagian mulai dari jari, tumit, tulang, sendi, otot, tendon, dan ligamen. Bagian-bagian tersebut mungkin saja terluka sehingga mengeluarkan darah.Tingkat keparahan darah yang keluar dari kaki tergantung dari penyebabnya. Bisa saja kaki yang berdarah hanya salah satu saja. Namun, bukan tidak mungkin jika keduanya mengalami masalah yang sama.Aktivitas yang dilakukan kaki seringkali menyebabkan bagian ini berdarah. Salah satu fungsi utama kaki adalah membantu stabilitas, keseimbangan, dan gerakan untuk seluruh tubuh. Dengan fungsi demikian, kaki bisa sangat terlibat saat seseorang bergerak dan menahan beban.Tak ayal, kondisi ini membuat kaki rentan mengalami banyak masalah. Bahkan, kaki dianggap lebih rentan mengalami cedera daripada bagian tubuh lain. 
Penyebab kaki berdarah umumnya terkait dengan aktivitas seseorang. Namun, ada juga yang disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan meski tidak selamanya berakibat fatal bagi penderitanya.Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kaki seseorang mengeluarkan darah:
 
Sebaiknya hubungi dokter jika kaki berdarah berpotensi membahayakan jiwa. Anda juga harus menghubungi dokter jika di area tersebut ada benda menancap sehingga mengeluarkan darah.Segeralah membawa pasien ke dokter jika mengalami salah satu atau beberapa kondisi di bawah ini:
  • Lukanya dalam atau bekas luka tusuk
  • Terjadi karena gigitan hewan
  • Ada sesuatu apakah itu benda asing atau kotoran yang menyumbat dan tak bisa dilekuarkan
  • Pendarahan tidak berhenti setelah 15 hingga 20 menit sejak pertolongan pertama dilakukan
  • Terjadi pendarahan hebat yang berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan darah
  
CDC. https://www.cdc.gov/ncbddd/hemophilia/facts.html
Diakses pada 14 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/first-aid/stopping-bleeding
Diakses pada 14 Juli 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/blood_under_skin_of_soles_of_feet/ask.htm
Diakses pada 14 Juli 2021
Web MD. https://symptomchecker.webmd.com/multiple-symptoms?symptoms=bleeding%7Cbleeding%7Cpain-or-discomfort%7Cswelling&symptomids=244%7C244%7C1%7C5&locations=62%7C64%7C64%7C62
Diakses pada 14 Juli 2021
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/foot-and-ankle-injury/foot-bruise
Diakses pada 14 Juli 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/varicose-veins/
Diakses pada 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email