Kencing Berbusa

14 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kencing Berbusa
Air kencing berbusa jika terjadi sesekali adalah hal yang lumrah. Beberapa kondisi bisa menyebabkan hal ini salah satunya adalah kecepatan aliran urinee. Beberapa kondisi medis mungkin juga bisa menyebabkan kondisi ini.Warna urine sendiri biasanya berwarna kuning pucat hingga kuning pekat. Namun, warna cairan ini juga terkadang jernih. Warna sendiri dipengaruhi oleh berbagai hal mulai dari diet, obat-obatan, hingga kondisi medis.Terkadang, urine berbuih bisa juga karena faktor yang bukan dari dalam diri penderita. Bisa jadi, hal ini karena urine terlalu deras sehingga mengaduk air yang ada di toilet. Namun, lebih baik mewaspadai jika terjadi kondisi ini. 
Salah satu penyebab urine berbusa kemungkinan adalah adanya protein dalam air seni. Kondisi ini biasa disebut dengan proteinuria. Kondisi ini jangan dianggap angin lalu, karena hal tersebut mungkin terkait dengan masalah ginjal yang serius.Adapun kondisi lain yang bisa menyebabkan air kencing berbusa antara lain:
 
Anda harus menemui dokter jika urine berbusa terjadi terus-menerus. Kondisi ini juga harus dikonsultasikan dengan dokter jika kejadian ini makin sering terjadi seiring berjalannya waktu.Ketika urine berbusa terus terjadi sepanjang waktu, dokter mungkin akan meminta Anda melakukan tes urine. Hal ini dilakukan untuk memeriksa peningkatan kadar protein.Jika Anda mendapatkan tes urine dengan protein positif, maka mungkin diperlukan tes lebih lanjut. Hal ini diperlukan guna menentukan penyebab masalahnya.  
Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/foamy-urinee/expert-answers/faq-20057871
Diakses pada 14 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322171
Diakses pada 14 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/foamy-urinee
Diakses pada 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email