Penyakit Lainnya

Kuku Hitam

07 Jul 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kuku Hitam
Kuku kaki pada kondisi normal akan berwarna putih. Tetapi kadang-kadang, warnanya akan berubah disebabkan oleh pewarna kuku, kekurangan nutrisi, infeksi, atau trauma.Kuku yang tadinya putih dapat berubah menjadi berwarna hitam. Dalam istilah medis, hal ini disebut hematoma subungual. Biasanya penyebabnya yaitu penumpukan darah pada pembuluh darah di area kuku.Lebih lanjut, kulit di bawah kuku juga dapat menghitam. Kuku hitam disebabkan oleh beberapa hal, dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya.Berikut penjelasan mengenai penyebab-penyebab dari kuku kaki hitam.
Linear melanonychiaKondisi ini sering ditemui pada orang-orang keturunan Afrika-Amerika yang berusia 20 tahun atau lebih. Kondisi ini sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan hanya variasi warna kuku yang normal. Penyebabnya yaitu pigmen pada kuku yang disebut melanosit memproduksi terlalu banyak pigmen, sehingga pada kuku terdapat garis berwarna gelap yang merentang dari atas ke bawah kuku.Infeksi jamurInfeksi oleh jamur khas dengan warna putih atau kuning, tetapi pada kuku kaki warna hitam pun dapat ditemukan. Hal ini dikarenakan kotoran yang menumpuk pada kuku kaki. Selain itu, kuku kaki juga rentan terhadap infeksi jamur karena kondisinya yang lembab sekaligus hangat.MelanomaMelanoma merupakan jenis kanker kulit yang paling serius. Melanoma dapat terjadi pada kulit di bawah kuku jari tangan maupun kuku kaki, dan melanoma jenis ini disebut melanoma subungual. Gejalanya yaitu muncul garis hitam pada satu kuku. Garis tadi akan berubah warna menjadi semakin gelap, atau luasnya bertambah seiring waktu. Terkadang, kuku yang mengalami gejala tersebut akan terasa sakit atau bahkan berdarah.TraumaTrauma pada kuku kaki dapat menyebabkan pembuluh darah di bawah kuku menjadi rusak. Akibatnya, terjadi perdarahan pada pembuluh darah tadi sehingga muncullah warna hitam di bawah kuku kaki.PengobatanOrang-orang yang sedang menjalani pengobatan, dan mengonsumsi obat-obatan seperti beta bloker, obat anti-malaria, obat kemoterapi, serta azidothymidine juga dapat mengalami kuku hitam.
Jika Anda mengalami kuku kaki hitam atau kulit di bawah kuku menghitam, serta Anda tak tahu apa penyebabnya, segeralah hubungi dokter.Hal ini dikarenakan kuku hitam dapat menjadi penanda akan suatu kondisi medis yang serius. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghubungi dokter saat mengalami nyeri pada kuku atau kuku berdarah. Penderita diabetes yang mengalami kuku hitam juga disarankan untuk menghubungi dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/black-toenail#causes
diakses pada 7 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320687
diakses pada 7 Juli 2021
Sports Injury Clinic. https://www.sportsinjuryclinic.net/sport-injuries/wrist-pain/hand-finger-injuries/black-fingernail
diakses pada 7 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email