Penyakit Lainnya

Kuku Kaki Sakit

30 Sep 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kuku Kaki Sakit
Umumnya, kuku atau jempol kaki yang sakit dapat diobati sendiri
Kuku kaki sakit adalah kondisi yang cukup umum terjadi dikarenakan kaki rentan cedera akibat terus-menerus bergerak, berjalan, berlari atau menjalani aktivitas lainnya.Rasa sakit pada kuku kaki biasanya merambat dari jari kaki yang mengalami gangguan atau cedera di salah satu strukturnya, termasuk kulit, saraf, tulang, pembuluh darah, dan jaringan lunak.Nyeri tersebut dapat berasal dari kebiasaan dan kondisi yang bisa membuat kuku kaki sakit. Beberapa penyakit seperti arthritis atau jenis radang sendi lainnya juga dapat menjadi penyebab jempol kuku atau kuku lainnya merasakan nyeri. Tergantung penyebabnya, kuku kaki sakit juga dapat disertai gejala lain seperti mati rasa, sensasi terbakar atau gejala lainnya.Sebagian besar kuku atau jempol kaki yang sakit dapat diobati dengan obat-obatan rumahan maupun obat bebas yang dapat dibeli di apotek.  Namun, sakit kuku yang disebabkan oleh penyakit tertentu mungkin memerlukan perawatan klinis yang lebih mendalam.Oleh karena itu, mengetahui penyebabnya adalah langkah utama dalam menentukan perawatan kaki ataupun kuku kaki sakit yang paling tepat.
Beberapa kondisi di bawah ini dapat menjadi penyebab kuku kaki sakit, antara lain:

1. Benturan atau cedera pada kuku

Benturan atau cedera pada kuku dapat disebabkan karena banyak hal, misalnya:
  • Jari kaki tertimpa benda berat
  • Tersandung
  • Memakai sepatu yang kekecilan
  • Rutin melakukan olahraga yang menggunakan kaki seperti berlari
Benturan di jari kaki tersebut akan menghasilkan memar dan rasa sakit.

2. Cantengan

Cantengan adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kuku menancap atau tumbuh ke dalam jari. Kondisi ini dapat menghasilkan rasa sakit hebat yang berujung pada infeksi.Cantengan biasanya terjadi di jari kaki, terutama di bagian jempol. Hal ini dapat terjadi akibat memotong kuku terlalu dalam atau sering memakai sepatu yang sempit.

3. Paranokia

Paronikia adalah infeksi kulit yang terjadi di sekitar kuku kaki dan tangan. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri atau sejenis ragi yang disebut Candida.Gejala umum yang muncul akibat paranokia adalah kuku kaki sakit, kulit kaki terasa panas, kaki bengkak, demam hingga ada nanah yang keluar.Biasanya, orang-orang yang mengalami cantengan lebih rentan untuk mengalami paranokia karena bakteri lebih mudah masuk pada kondisi tersebut.

4. Bunion

Bunion adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ada tulang yang menonjol keluar di sisi luar sendi jempol kaki. Kondisi ini dapat mengakibatkan munculnya benjolan di bagian samping kaki sehingga membuat jari kaki menjulur ke samping alih-alih ke arah depan.Jari kaki yang tumbuh ke samping ini dapat menimpa jari kaki yang lain dan menyebabkan jari hingga kuku kaki sakit.

5. Morton’s neuroma

Kondisi ini terjadi saat ada penebalan jaringan pada saraf yang ada di jempol kaki. Akibatnya berbagai gejala bisa muncul seperti munculnya rasa nyeri pada tumit, jari kaki hingga kuku, sensasi terbakar, dan rasa geli pada jari kaki.

6. Arthritis (radang sendi)

Arthritis adalah peradangan yang menyerang sendi sehingga mengakibatkan nyeri dan kaku pada sendi. Termasuk pada sendi di kaki maupun jari kaki. Arthritis memiliki banyak bentuk dengan penyebab yang berbeda.

7. Hallux rigidus

Jika peradangan sendi tersebut terjadi di jari kaki, kondisi tersebut dinamakan dengan hallux rigidus. Sering juga disebut sebagai jempol kaki kaku, hallux rigidus merupakan jenis arthritis bawaan yang menyerang sendi metatarsophalangeal (MTP) yang terdapat di dasar jari kaki.Pada kasus yang lebih parah, kondisi ini tidak hanya menyebabkan kuku kaki sakit namun juga membuat jempol menjadi kaku sehingga jari kaki sulit untuk menekuk dan akhirnya kaki susah untuk berjalan.

8. Gout arthritis

Gout arthritis atau sering juga dikenal sebagai penyakit asam urat adalah salah satu jenis artristis yang dapat menyerang jempol kaki. Penyebab dari kondisi ini ialah asam urat yang menumpuk pada sendi, sehingga mengakibatkan rasa nyeri serta peradangan.

9. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis atau yang biasa dikenal sebagai rematik adalah jenis arthritis lain yang dapat menyerang sendi di tangan, pergelangan tangan, atau kaki. Kondisi ini tergolong sebagai penyakit autoimun.Pada kondisi ini, sistem imun atau kekebalan tubuh keliru mengenali sel sehat yang mengelilingi sendi sebagai sel penyakit. Akibat reaksi imun yang keliru tersebut berbagai gejala seperti nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada area yang terkena dapat muncul.10. Infeksi Jamur (onychomycosis)Infeksi jamur yang menyerang kuku kaki disebut dengan onikomikosis. Infeksi tersebut dapat menyebabkan penebalan dan perubahan warna pada kuku kaki yang membuat kuku jadi rapuh dan mudah patah.Perubahan pada kuku juga bisa menyebabkan rasa sakit, terutama jika ada tekanan pada kuku, misalnya saat memakai sepatu.

11. Turf toe

Turf toe adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ligamen di dasar ibu jari kaki terkilir atau terluka. Luka tersebut biasanya timbul karena aktivitas olahraga. Oleh karena itu, kondisi ini lebih sering terjadi pada atlet yang biasa berolahraga di lapangan dengan rumput sintetis.

12. Sesamoiditis

Kondisi ini terjadi ketika tendon (urat daging) di sekitar sesamoid (tulang-tulang yang terhubung dengan tendon atau yang tertanam dalam otot) pada jempol kaki terkena peradangan atau iritasi. Sesamoiditis sering terjadi pada pelari serta penari balet.

13. Penyakit Raynaud

Pada kondisi ini, beberapa bagian tubuh seperti jari-jari tangan maupun kaki terasa kaku serta menjadi dingin saat terpapar suhu dingin atau stres.Hal ini dapat terjadi dikarenakan pembuluh darah kecil yang menyuplai darah ke kulit mengalami penyempitan, sehingga aliran darah menjadi terbatas pada beberapa bagian tubuh.Gejala khas dari kondisi ini adalah jari tangan atau kaki yang berubah warna, muncul sensasi mati rasa hingga nyeri yang menjalar ke kuku tangan atau kaki.

14. Dactylitis

Dactylitis dapat terjadi dikarenakan adanya peradangan parah pada sendi di jari tangan serta jari kaki. Akibatnya, jari-jari tersebut membengkak dan terlihat seperti sosis.Jari-jari yang terpengaruh juga akan terasa kaku sehingga sulit atau bahkan tidak dapat digerakkan.

15. Patah tulang

Tulang pada jari kaki yang patah dapat menghasilkan rasa nyeri. Patah tulang pada jari kaki termasuk kejadian yang umum terjadi.Hal ini dapat disebabkan karena kaki menendang benda keras, tertimpa benda berat atau berulang kali melakukan gerakan dengan tekanan yang besar pada jari kaki.
Segera hubungi dokter jika kuku kaki yang sakit tidak juga kunjung sembuh, terlebih apabila disertai dengan gejala lain, seperti:
  • Rasa sakit di kuku telah memengaruhi kualitas hidup, misalnya jadi susah berjalan, memakai sepatu atau tidak bisa berolahraga.
  • Ada nanah atau cairan yang keluar dari kuku kaki
  • Kuku kaki mengeluarkan bau tidak sedap
  • Muncul garis-garis merah di kaki
  • Anda menderita diabetes
  • Mengalami tanda infeksi seperti demam tinggi, pusing dan mual.
Buoy Health. https://www.buoyhealth.com/learn/toenail-pain
Diakses pada 7 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/big-toe-pain
Diakses pada 7 Juli 2021
MedicineNet. https://www.medicinenet.com/toe_pain/symptoms.htm
Diakses pada 7 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email