Penyakit Lainnya

Kuku Kuning

21 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kuku Kuning
Kuku kuning merupakan kondisi yang seharusnya tidak terjadi. Sebab, kuku biasanya memiliki penampilan transparan. Dia bisa ditembus oleh cahaya sehingga bisa memperlihatkan kondisi di baliknya.Pada umumnya, kuku akan tumbuh di atas daging merah muda. Warna ini akan terlihat jelas jika kuku yang ada di atasnya memiliki kondisi yang baik. Kuku menguning bisa terjadi karena berbagai alasan.Beberapa alasan yang menyebabkan kondisi ini terbilang ringan dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ada juga kondisi di mana menguningnya kuku merupakan tanda bahwa ada seituasi medis yang serius di belakangnya. 
Kuku bisa memberikan banyak informasi terkait kesehatan seseorang secara keseluruhan. Itulah kenapa penyebab kuku kuning perlu diketahui dengan pasti agar hal tersebut tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.Beberapa alasan yang membuat kuku menjadi kuning ada di bawah ini:
 
Kuku kuninga yang diduga disebabkan oleh pemakaian cat kuku berlebihan, maka sebaiknya mengunjungi dokter. Hal ini diperlukan karena untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan obat dengan resep dokter.Menemui dokter juga wajib dilakukan jika menguningnya kuku disertai beberapa gejala berikut:
  • Disertai rasa sakit
  • Kuku berdarah
  • Terjadi perubahan bentuk atau ketebalan lempeng kuku
  • Muncul pembengkakan
 
Healthline. https://www.healthline.com/health/yellow-nails
Diakses pada 21 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322087
Diakses pada 21 Juli 2021
Wexner Medical Center. https://wexnermedical.osu.edu/blog/yellowing-fingernails
Diakses pada 21 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email