Mata

Mata Lebam

23 Mar 2022 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Mata Lebam
Terlepas dari istilahnya, bagian mata dari mata lebam biasanya justru tidak terluka
Mata lebam adalah kondisi ketika area mata memar akibat perdarahan di bawah kulit. Biasanya, mata lebam terjadi apabila kepala atau wajah mengalami cedera. Oleh sebab itu, terlepas dari istilahnya yang disebut mata lebam, bagian mata biasanya justru tidak terluka, melainkan jaringan di sekitarnya.Ketika kepala atau wajah mengalami cedera, pembuluh darah kecil di bawah kulit dapat pecah, lalu darah akan bocor ke jaringan di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan perubahan warna atau memar pada kulit.Berhubung kulit wajah di sekitar rongga mata relatif tipis dan transparan, darah yang bocor dan menggenang tadi dapat menyebabkan perubahan warna yang sangat mencolok. Bergantung pada lokasi dan jenis cedera yang terjadi, lebam dapat muncul di salah satu atau kedua mata. Memar pada mata disebut juga dengan periorbital hematoma. Kebanyakan kasus mata lebam terjadi akibat benturan akibat pukulan pada mata, hidung, atau dahi. Selain itu, sejumlah prosedur pembedahan di area wajah juga dapat menghasilkan lebam di mata.Mata lebam akibat benturan dapat menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Meski begitu, cairan yang terkumpul saat mata lebam dapat mengakibatkan mata sulit untuk terbuka. Penglihatan juga akan terlihat kabur untuk sementara.Beberapa kasus mata lebam juga dapat menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius. Ketahui penyebabnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari komplikasi.
Kondisi yang dapat mengakibatkan mata lebam antara lain:1. Cedera pada hidung seperti hidung yang terkena pukulan atau hidung patah.2. Prosedur pembedahan pada wajah, meliputi;3. Tindakan medis pada gigiMata lebam mungkin muncul beberapa hari setelah pencabutan gigi bungsu atau operasi implan gigi. Hal ini dapat terjadi karena darah dan cairan hasil operasi bisa menyebar ke bawah jaringan wajah, termasuk jaringan lepas di bawah mata.4. Cedera pada kepala, seperti:
  • Cedera yang disebut dengan patah tulang tengkorak basilar. Hal ini dapat menyebabkan kedua mata membengkak dan memar menghitam. Istilah mata lebam akibat cedera kepala adalah racoon eyes
  • Shaken baby syndrome adalah cedera otak serius yang bisa terjadi akibat menggoyang-goyangkan badan bayi terlalu kencang.
  • Gegar otak yang merupakan cedera otak ringan akibat kepala terkena benturan keras saat kecelakaan, terjatuh, olahraga, maupun benturan fisik lainnya
  • Hematoma subdural, munculnya kumpulan darah di permukaan otak, tepatnya di antara dua lapisan pelindung otak, yakni dura mater dan arachnoid. Hematoma subdural umumnya berasal dari pecahnya pembuluh darah di otak. Kondisi ini dapat pula memengaruhi area di sekitar mata.
5. Penyebab lain pembengkakan di sekitar mata meliputi;
  • Reaksi alergi. Meski tidak selalu terjadi, bentuk respons sistem imun terhadap benda asing yang dianggap berbahaya oleh tubuh dapat membuat mata lebam.
  • Gigitan binatang. Beberapa jenis serangga, seperti nyamuk atau caplak serta binatang lain seperti laba-laba dapat mengakibatkan memar pada tubuh apabila tergigit.
  • Selulitis, yakni infeksi kulit di sekitar mata.
  • Angioedema, yaitu penyakit yang menyebabkan pembengkakan, biasanya terjadi di sekitar kedua mata biasanya dapat disebabkan karena reaksi alergi
  • Demam berdarah, sebagai infeksi yang disebabkan oleh kelompok virus dengue. Penyakit ini dapat mengakibatkan perdarahan internal dan apabila terjadi di sekitar mata, berisiko menimbulkan mata yang terlihat lebam.
  • Hemofilia. Kelainan darah langka akibat tubuh tidak memiliki faktor pembekuan yang cukup. Akibatnya, tubuh akan lebih lama sembuh dari cedera dan meningkatkan risiko perdarahan di jaringan tubuh, termasuk pada area sekitar mata.
  • Penyakit von Willebrand, yaitu kelainan darah yang menyebabkannya tidak bisa menggumpal dengan baik, sehingga membuat perdarahan lebih sulit untuk berhenti.
  • Infeksi sinus, yang dapat menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi gelap sehingga mata terlihat lebam
Berapa lama memar di mata bisa hilang akan bergantung pada gejala dan tingkat keparahannya. Kebanyakan kasus mata lebam dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam waktu 2-3 minggu. Namun, ada beberapa cara menghilangkan memar di mata agar lebam lebih cepat pudar.

1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu menghilangkan memar di mata dengan lebih cepat. Mengompres dingin mata bisa membantu meredakan pembengkakan yang terjadi.Untuk membuat kompres mata dingin, Anda dapat memasukkan es batu ke dalam kantung plastik yang ditutup, handuk, atau kain yang bersih dan tipis. Jangan pernah menaruh es atau kantong es langsung pada kulit.Tempatkan kompres es yang dibungkus kain tersebut di atas mata 15 menit setiap jam selama 24 jam pertama. 

2. Kompres hangat 

Selain kompres dingin, Anda juga bisa melakukan kompres hangat agar lebam di mata cepat hilang. Akan tetapi, jangan melakukannya pada saat cedera baru saja terjadi.Kompres hangat biasanya diberikan setelah hari ketiga dari saat lebam muncul. Kompres hangat dapat dibuat dari kain bersih atau handuk yang direndam dalam air panas. Peras airnya lalu letakkan pada area mata selama 5-10 menit.

3. Melindungi mata 

Salah satu cara menghilangkan lebam dan memar di mata adalah dengan melindungi mata dari benturan untuk mencegah kerusakan lebih parah. Anda sebaiknya menunda aktivitas yang dapat menimbulkan cedera tambahan sampai mata sembuh, misalnya:
  • Mengucek mata terlalu keras
  • Menggunakan lensa kontak 
  • Berolahraga atau terlibat dalam aktivitas dengan kontak fisik di sekitar mata.

4. Istirahat yang cukup dengan posisi tidur yang sesuai 

Istirahat yang cukup dapat membantu proses penyembuhan mata lebam. Tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Sebisa mungkin jangan sampai mata tertekan ketika tidur.

5. Minum obat penghilang nyeri

Mata lebam kadang disertai juga dengan rasa nyeri, terutama jika cedera terjadi akibat benturan. Anda bisa minum obat antinyeri untuk menghilangkan sakit pada mata yang lebam.Anda bisa memilih parasetamol atau ibuprofen. Hindari penggunaan antinyeri seperti aspirin karena dapat meningkatkan perdarahan. 

6. Konsumsi makanan bergizi dan vitamin 

Konsumsi makanan bernutrisi serta Vitamin C dan K dapat meningkatkan penyembuhan dan mengurangi pembengkakan. Terlebih kedua vitamin tersebut juga dapat membantu pembekuan darah dan elastisitas pembuluh darah.Dengan demikian, perdarahan lebih lanjut dapat dihindari.Setelah melakukan berbagai cara menghilangkan lebam di mata seperti yang telah disebutkan, perhatikan jika memar atau bercak merah semakin meluas. Sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter spesialis mata. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat sesuai kondisi pasien. 
Mata lebam yang tidak kunjung hilang dapat menandakan kondisi lebih serius seperti adanya bagian wajah yang patah atau gegar otak. Segera periksakan ke dokter apabila mata lebam disertai dengan gejala berikut ini:
  • Rasa sakit terus berlanjut
  • Kehilangan penglihatan
  • Keluar darah atau cairan bening dari hidung atau telinga.
  • Ada darah di permukaan bola mata
  • Kehilangan kesadaran
  • Ada gejala gegar otak, seperti mual, muntah, pusing, lesu dan ada gangguan ingatan
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eyenet/article/evaluation-management-of-orbital-hemorrhage
Diakses pada 16 Maret 2022
Emedicinehealth. https://www.emedicinehealth.com/black_eye/article_em.htm
Diakses pada 12 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/black-eye#when-to-seek-immediate-help
Diakses pada 16 Maret 2022
Fairview. https://www.fairview.org/patient-education/115903EN
Diakses pada 12 Maret 2021
Medicinenet. https://www.medicinenet.com/black_eye/article.htm
Diakses pada 16 Maret 2022
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/249231#causes
Diakses pada 16 Maret 2022
Allaboutvision. https://www.allaboutvision.com/conditions/black-eye.htm
Diakses pada 16 Maret 2022
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/black-eye/
Diakses pada 12 Maret 2021
Healthdirect. https://www.healthdirect.gov.au/black-eye
Diakses pada 12 Maret 2021
Stanford Childrens. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=bruising-or-black-eye-ecchymosis-90-P02806
Diakses pada 12 Maret 2021
Optometrists. https://www.optometrists.org/general-practice-optometry/guide-to-eye-conditions/dry-eye/natural-remedies-for-dry-eyes/can-warm-compresses-help-dry-eyes/
Diakses pada 16 Maret 2022
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email