Kandungan

Perut Kencang Saat Hamil

14 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Perut Kencang Saat Hamil
Para perempuan, Anda mungkin akan mengalami berbagai kondisi mulai dari sakit, nyeri, dan perut kencang saat hamil. Kencangnya perut mungkin akan dirasakan sejak trimester awal kehamilan.Pada trimester selanjutnya, mengencangnya perut mungkin akan terus terjadi. Meski gejala yang ditimbulkan sama, namun penyebabnya kemungkinan berbeda tergantung trimester berapa sang Ibu mengalaminya.Ibu hamil mungkin juga akan mengalami kebingungan saat hal ini mendera mereka. Beberapa mengira kencangnya perut dianggap sebagai kram. Sementara yang lain mungkin akan menganggap hal tersebut sebagai kontraksi. 
Penyebab perut kencang saat hamil sangat tergantung pada trimester berapa ia mengalaminya. Jika berdasarkan tahapan kehamilan tersebut, beberapa penyebab kondisi ini antara lain:

Trimester pertama

Trimester kedua

Trimester ketiga

 
Jika mengalami perut kencang saat hamil jangan langsung panik. Jika kehamilan Anda tidak termasuk berisiko, maka kondisi ini merupakan hal yang wajar. Namun jika kehamilan yang dialami termasuk berisiko tinggi, jangan tunda hubungi dokter.Anda juga sebaiknya menghubungi dokter jika kondisi ini terjadi lebih sering. Ketika pengencangan perut terjadi lebih dari 4 kali dalam satu jam, maka segeralah hubungi dokter kandungan. 
The Bump. https://www.thebump.com/a/abdominal-tightening-during-pregnancy
Diakses pada 14 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321659
Diakses pada 14 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/stomach-tightening-during-pregnancy
Diakses pada 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email