Kulit & Kelamin

Telapak Tangan Merah

04 May 2022 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Telapak Tangan Merah
Telapak tangan merah bisa menandakan alergi, infeksi dari virus, bakteri, atau jamur
Telapak tangan merah adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Paling sering, kondisi ini terjadi karena adanya tekanan berlebih dalam waktu lama pada tangan.Meski demikian, merahnya telapak tangan juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan tertentu. Telapak tangan merah dapat terjadi disertai munculnya ruam di area tersebut. Ruam juga bisa berbarengan dengan adanya bintik atau bercak pada kulit, bengkak, rasa gatal, serta rasa panas atau sensasi terbakar. .Pada orang berkulit terang, ruam biasanya muncul sebagai bintik atau bercak merah. Sementara pada orang berkulit gelap, ruam biasanya muncul sebagai bintik atau bercak abu-abu, ungu, atau cokelat tua. Dalam beberapa kasus, ruam yang muncul juga dapat menimbulkan kulit melepuh, mengelupas, atau berkerak.Ruam yang menyebabkan tangan merah umum disebabkan oleh alergi atau dermatitis kontak. Pasalnya, sepanjang hari, tangan adalah bagian tubuh yang paling sering sering memegang berbagai benda.
Ada beberapa penyebab dari kondisi ruam atau bintik merah di tangan dan telapak tangan. Penyebab yang paling sering ditemui yaitu sebagai berikut.

1. Reaksi alergi

Alergi terhadap makanan atau obat-obatan dapat menimbulkan ruam atau bercak merah pada tubuh, termasuk pada tangan serta telapak tangan. Selain menimbulkan bintik atau bercak merah, kulit pada telapak tangan dapat terasa gatal atau melepuh.

2. Kulit kering

Kulit kering sering menimpa orang-orang yang tinggal di daerah beriklim dingin. Pasalnya, cuaca dingin membuat kulit jadi lebih kering. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit telapak tangan akan terasa gatal yang memicu garukan sehingga kulit memerah.

3. Dermatitis atopik atau eksim

Eksim yang terjadi pada telapak tangan dapat menyebabkan kulit menjadi kering serta sensitif. Selain itu, rasa gatal, serta bintik dan bercak merah juga dapat muncul.

4. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan salah satu bentuk eksim yang dapat menimbulkan ruam atau merah saat kulit kontak dengan sesuatu yang membuat alergi (zat alergen). Kondisi ini dapat langsung muncul atau beberapa waktu setelah kulit telapak tangan bersentuhan dengan alergen. Benda-benda yang sering menimbulkan reaksi tersebut pada kulit telapak tangan antara lain:
  • Tanaman jelatang atau poison ivy (Toxicodendron radicans)
  • Tanaman poison oak (Toxicodendron diversilobum)
  • Nikel
  • Makeup
  • Sarung tangan berbahan lateks
  • Perhiasan
  • Pemutih
  • Jenis sabun tertentu

5. Biduran

Biduran, alias urtikaria, dapat mengakibatkan munculnya bilur-bilur merah atau sewarna kulit. Bilur-bilur ini akan terasa gatal dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan. Penyebab dari kondisi ini adalah reaksi alergi terhadap alergen seperti makanan, obat-obatan, serbuk sari bunga atau cahaya matahari langsung.

6. Ringworm

Infeksi jamur ini sering menjadi penyebab munculnya ruam merah di telapak tangan. Awalnya, bintik atau bercak akan muncul dalam bentuk cincin pada berbagai bagian tubuh, termasuk pada telapak tangan. Bentuk khas ringworm berupa bulatan merah tadi tidak akan muncul. Alih-alih, gejala lain yang dapat menjadi penanda kondisi ini ialah: kulit kering, retakan-retakan yang cukup dalam pada kulit, kulit menebal, serta sensasi terbakar pada kulit. Kulit yang terpengaruh juga dapat terasa gatal, tetapi jika digaruk, kulit bagian lain pada tubuh dapat ikut terpengaruh.

7. Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu penyakit kulit kronis yang dapat menimbulkan peradangan pada berbagai bagian tubuh, termasuk telapak tangan. Psoriasis yang terjadi di telapak tangan dan kaki disebut juga dengan psoriasis palmoplantar. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun yang terjadi ketika kulit terlalu cepat memproduksi sel-sel baru.Selain peradangan, gejala lain yang dapat ditimbulkan kondisi ini yaitu kulit menjadi kemerahan, kering, berkerak, menebal, serta muncul retakan-retakan yang terasa nyeri pada kulit.

8. Penyakit tangan, kaki, dan mulut

Penyakit tangan, kaki dan mulut sering ditemui pada anak-anak dan tergolong sebagai penyakit menular. Penyebabnya yaitu infeksi dari virus Coxsackie yang menimbulkan luka serta ruam pada tangan, kaki, dan mulut.

9. Eksim dishidrotik

Pompholyx atau eksim dishidrotik adalah salah satu jenis eksim yang menyebabkan munculnya bentol berisi air (lenting) pada kulit pada telapak tangan, khususnya ujung jari. Lenting atau lepuhan ini akan terasa gatal dan muncul dalam jumlah banyak.Selain gatal, Anda juga bisa merasa nyeri akibat lenting yang muncul. Biasanya, bentol berisi air yang muncul akan rata dengan kulit di sekitarnya dan sulit dipecahkan. Kulit yang terdampak umumnya akan mengering serta mengelupas dalam waktu 3 minggu.

10. Impetigo

Impetigo sering ditemui pada anak-anak. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi pada kulit. Akibatnya, kulit pada tangan, wajah, dan leher akan melepuh. Anak-anak yang memiliki penyakit eksim atau dermatitis kontak dari tanaman beracun akan lebih mungkin menderita kondisi ini. Selain kulit melepuh, rasa gatal juga dapat terasa dan jika digaruk, kulit pada bagian tubuh lain dapat ikut terpengaruh.

11. Cacar air atau penyakit ruam saraf (shingles)

Cacar air adalah infeksi akibat virus Varicella zoster. Kondisi ini ditandai dengan munculnya ruam merah atau bintil berisi cairan di seluruh tubuh, termasuk di telapak tangan. Selain ruam, gejala lain seperti kedinginan, rasa letih, demam, serta sakit kepala juga dapat muncul.

12. Erythema nodosum

Erythema nodosum adalah peradangan hebat yang terjadi pada lapisan lemak di bawah permukaan kulit. Peradangan tersebut dapat mengakibatkan kulit menjadi bengkak dan memerah.

13. Penyakit Lyme

Penyakit Lyme tergolong penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi. Penyakit ini ditularkan melalui perantara gigitan kutu berkaki hitam yang disebut kutu rusa. Gejala yang ditunjukkan biasanya berupa kulit yang membengkak, rasa nyeri pada sendi, ruam merah di kulit, serta gejala flu.

13. Campak

Campak adalah penyakit menular yang mempunyai ciri khas munculnya ruam merah datar di seluruh tubuh penderitanya, tak terkecuali di telapak tangan.

14. Rubella

Rubella merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus rubella. Infeksi ini ditandai dengan demam, pembesaran kelenjar getah bening, dan ruam pada kulit.

15. Meningitis (radang selaput otak)

Meningitis dapat terjadi karena infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini menyebabkan terjadinya peradangan pada cairan dan membran di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Selain sakit kepala, demam, serta leher terasa kaku, ruam pada kulit juga dapat muncul pada penderita kondisi ini.

16. Penyebab lain

Di samping berbagai penyebab di atas, terdapat pula penyebab lain yang dianggap langka tetapi dapat menyebabkan munculnya ruam merah di telapak tangan, antara lain:
  • Terpapar dingin atau panas yang ekstrem
  • Stres
  • Kutil
Mengobati telapak tangan yang memerah bergantung pada penyebabnya. Beberapa ruam dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Dalam kasus lain, perawatannya bisa sesederhana menggunakan losion untuk melembapkan kulit kering yang memicu ruam pada tangan.Jika Anda mengalami reaksi alergi, obat alergi atau antihistamin dapat mengurangi gejala dan menghilangkan ruam pada telapak tangan. Anda juga perlu menjaga kebersihan diri dan juga  lingkungan rumah agar terbebas dari alergen, mengadopsi pola makan yang seimbang, serta hindari pemicu alergi.Jika ruam pada tangan disebabkan oleh dermatitis, eksim, atau psoriasis, dokter mungkin akan meresepkan krim oles (topikal) untuk menekan respons kekebalan tubuh. Untuk kasus eksim dan psoriasis, hindari juga pemicu potensial seperti cuaca dingin, stres, obat yang mengandung quinidine, serta alkohol. Kulit juga harus senantiasa terjaga kelembapannya untuk mencegah kulit kering.Terdapat pula beberapa perawatan rumahan yang dapat mengatasi kulit kering pemicu ruam akibat eksim, dan dermatitis kontak, antara lain:
  • Mandi air hangat
  • Menggunakan sabun dengan formula lembut khusus untuk kulit sensitif untuk menghindari iritasi saat mencuci tangan
  • Mengoleskan sunscreen secara teratur 
  • Selalu oleskan pelembap sehabis mandi atau mencuci tangan
  • Memakai sarung tangan berbahan katun saat tidur di malam hari untuk mencegah goresan yang tidak disadari.
  • Menggunakan sarung tangan saat mencuci untuk menghindari paparan detergen
Telapak tangan merah yang disebabkan infeksi bakteri atau jamur dapat diobati dengan antibiotik atau antijamur dalam bentuk oles atau minum. Jika gejalanya tidak juga membaik atau malah memburuk setelah diberi obat, segera konsultasikan kembali pada dokter.
Telapak tangan merah biasanya merupakan gejala ringan yang akan sembuh dalam waktu beberapa hari saja. Akan tetapi, jika Anda khawatir akan gejala yang dialami, segera konsultasikan dengan dokter. Terutama jika ruam merah yang muncul disertai dengan gejala lain seperti:
  • Muncul nanah
  • Terjadi pembengkakan
  • Terasa hangat saat disentuh
  • Demam
Healthline. https://www.healthline.com/health/palm-rash#causes
Diakses pada 30 Maret 2022
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/palm-rash#causes
Diakses pada 30 Maret 2022
Healthgrades. https://www.healthgrades.com/right-care/skin-hair-and-nails/palm-rash
Diakses pada 30 Maret 2022
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email